Rabu, 28 Maret 2012

RONGGA MULUT ADALAH "THE GOLDEN GATE of HEALTH"


Pertanyaan:
Jika yang dimakan makanan sehat yang mengandung minimal 4 sehat 5 sempurna, namun status rongga mulut tidak sehat, apakah yang dimakan itu tetap sehat?
Bagaimanakah status rongga mulut yang sehat?

Jawaban:
Hal yang perlu diperhatikan disini adalah kondisi rongga mulut, sebab dari ilmu gizi telah disepakati bahwa makanan yang sehat mempunyai indikator minimal: "4 sehat, 5 sempurna”. Namun apabila status rongga mulut sendiri tidak memenuhi kriteria sehat, apakah makanan yang dimakan masih tetap memenuhi kriteria "4 sehat, 5 sempurna"?
Yang jelas kriteria tersebut akan berbunyi: “4 sehat, 5 sempurna, plus pencemaran".

Menurut kriteria penulis, status rongga mulut yang sehat adalah apabila kondisi normal rongga mulut tersebut tetap terpelihara yaitu dengan cara:
  1. Bebas Karang Gigi
  2. Bebas Gigi Lubang (karies), baik karies primer atau sekunder
  3. Bebas Sisa-sisa Gigi (gangraen)
  4. Bebas Jenis Bahan Tumpatan Amalgam (=tambalan logam/timah hitam).

Dengan rumus 4-B di atas maka makanan yang kita makan dan kita telan akan tetap "4 sehat, 5 sempurna".
Sampai disini dapat disimpulkan bahwa satu-satunya organ tubuh yang bertanggung jawab terhadap proses makan dan minum ternyata adalah rongga mulut. Hidung yang bertanggung jawab terhadap jalan napas ternyata masih dapat digantikan oleh rongga mulut apabila hidung bermasalah. Tetapi sebaliknya, apabila rongga mulut tidak bisa berfungsi atau bermasalah maka tidak ada organ tubuh lain yang sanggup menggantikannya. Satu-satunya cara adalah infus. Haruskah kita hidup dengan manyandang infus kemana-mana setiap hari?

Rongga mulut inilah yang penulis namakan: "The Golden Gate of Health" (Pintu Gerbang Emas Kesehatan Tubuh).
Sesungguhnya masih banyak ‘misteri’ mengenai keberadaan rongga mulut kita ini untuk menggapai status sehat tubuh yang seutuhnya. Untuk itu, penulis berusaha membuka tabir misteri "sehat" yang berasal dari rongga mulut, sehingga akan semakin jelaslah bahwa memang rongga mulut adalah The Golden Gate of Health.

**Artikel ini diambil dari makalah penulis bulan Mei 2002** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar