Senin, 26 Maret 2012

MENGGAPAI TUBUH SEHAT SEUTUHNYA

Pertanyaan: 
Dimanakah letak sehat itu berada?  Sudahkah sehat menyertai kita?

Jawaban:
Untuk dapat merasakan sehat, kita harus mengerti apa artinya sehat. Sehat dalam pengertian umum adalah tidak sakit. Definisi ini tidak bisa dibantah lagi. Namun sehat menurut pengertian penulis dapat dibagi dua yaitu: Sehat Lokal, dan Sehat Total.
  1. Sehat Lokal ialah sehat yang didapat setelah organ setempat sembuh dari keluhan yang diderita, misalnya: "kemarin kepalaku sakit (=pusing/cekot-cekot) dan setelah berobat ke dokter spesialis cekot-cekot dan diberi suntikan plus obat maka sekarang sudah sembuh". Nah, pertanyaannya sekarang: Benarkah aku sudah sehat ? Masih banyak contoh lain yang diakhir cerita timbul pengakuan penderita bahwa sekarang dirinya sudah sehat untuk kasus yang diderita. Demikianlah pemahaman kondisi sehat saat ini. 
  2.  Sehat Total adalah sebuah pemahaman dimana pengertian sehat tidak terbatas untuk satu organ tubuh saja tetapi sudah saatnya kita berpikir bahwa sehat yang kita cari adalah sehat yang berlaku secara holistik atau membawa manfaat kepada seluruh anggota tubuh..

Bagaimana cara kita dapat meneruskan kehidupan setiap harinya? Jawaban yang pasti ialah dengan cara makan dan minum, selain dari napas yang kita butuhkan setiap saat untuk proses pembakaran (= oksigenasi).

Pertanyaan berikutnya: Organ tubuh mana yang bertanggung jawab terhadap proses makan dan minum tersebut?
Jawaban yang tidak bisa dibantah ialah bahwa organ rongga mulut dengan segala aparatnya yaitu gigi, lidah, kelenjar ludah, bertanggung jawab terhadap proses penerimaan, pengunyahan, dan penghalusan makanan yang masuk.

Karena itu, menurut pendapat penulis, pantas dan layak rongga mulut itu kita beri atribut dengan nama: "The Golden Gate of Health" (Pintu Gerbang Emas Kesehatan Tubuh).

**Artikel ini diambil dari makalah penulis pada bulan Mei, 2002**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar