Selasa, 17 April 2012

BERBAGAI MACAM PENYAKIT TIMBUL DARI GIGI


Pertanyaan:
Penyakit apa saja yang bisa ditimbulkan dari gigi?

Jawaban:
Memang bisa saja dikatakan rongga mulut kurang penting ketimbang bagian tubuh lainnya seperti otak, paru-paru, jantung, hati dan ginjal. Ini karena penyakit yang mengganggu  organ-organ penting tersebut paling banyak menyebabkan kematian. Terbukti kemudian orang lebih menomorsatukan penyakit di organ tersebut, ketimbang menambal gigi berlubang misalnya. Padahal kesalahan yang ditimbulkan pada gigi bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan organ yang terhubung dengan syaraf gigi tersebut.

Untuk itu, penulis memberikan salah satu saja penyakit yang bisa ditimbulkan oleh gigi yang bermasalah (sebenarnya berbagai macam penyakit ditimbulkan oleh giginya). Yaitu: Gigi geraham berlubang bisa menyebabkan kaku di otot leher dan punggung. Selain itu juga menyebabkan kaki mudah kesemutan. Kalau saat itu kadar gula dalam darah meningkat, dokter yang memeriksa bisa mendiagnosis sebagai diabetes, karena gejalanya sama. Padahal sebenarnya tak perlu disembuhkan dengan obat diabetes, namun cukup dengan cabut giginya atau dilakukan perawatan apabila masih memungkinkan untuk dirawat.

Apabila anda merasakan keluhan sakit seperti di atas, penulis sarankan untuk datang ke dokter gigi atau bisa konsultasi dengan penulis.


***Diambil dari wawancara Harian Surya dengan penulis pada tahun 2001 dan disempurnakan lagi oleh penulis***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar