Selasa, 01 Mei 2012

GIGI NGILU JANGAN DIANGGAP SEPELE


Pertanyaan:
Mengapa gigi ngilu tidak boleh dianggap sepele, padahal cukup dengan memberi obat linu pada gigi/gigi ditambal sudah selesai ngilunya?


Jawaban:
Gigi mempunyai rongga yang berisi serabut saraf dan pembuluh darah kecil. Oleh sebab itu, apabila gigi mengalami gangguan – misalnya karena tipisnya atau retaknya email, sehingga bila kena rangsangan dingin atau panas, akan timbul rasa ngilu – atau gigi rusak karena karies (kerowok – bahasa Jawa), maka tanda pertama yang timbul adalah rasa linu jika kena rangsangan terutama dingin.


Gejala-gejala tersebut perlu kita perhatikan dan jangan dianggap sepele. Sebab bukan tidak mungkin hal itu akan membuat semakin parahnya kerusakan gigi tersebut, sehingga akhirnya harus dicabut demi kesehatan tubuh.


Yang dimaksud dengan kesehatan tubuh disini adalah kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seringkali ditemukan dalam dialog sehari-hari bahwa si “Y” (wanita) atau si “X” (pria), pantang makan ini, itu, dsbnya, karena takut asam uratnya meningkat, sehingga otot-otot leher dan sekitarnya menjadi kaku, atau dapat berakibat timbulnya pusing. Dan masih banyak diagnose lain yang timbul karena persepsi penderita sendiri atas dasar referensi pengetahuan medis yang dibacanya atau hasil komunikasi dengan orang lain. Padahal jika kita berbicara masalah kesehatan tubuh secara menyeluruh, seharusnya yang pertama kita lihat adalah masalah kesehatan rongga mulut yang merupakan pintu gerbang pertama (the Golden Gate) dari masuknya makanan dan minuman kita sehari-hari. Tapi karena hingga sekarang pengertian kesehatan rongga mulut masih dibatasi dengan hanya melihat gigi, apalagi ukurannya adalah cekot-cekot, maka melencenglah cara kita dalam memandang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dimana letak enaknya hidup kita kalau selalu tergantung pada obat atau jenis makanan tertentu?


***artikel ini diambil dari Wawancara Harian Surya, Minggu (4 Maret 2001) dengan penulis dan disempurnakan lagi oleh penulis***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar